Berita  

Pengawas Pemilu Awasi Terus Distribusi Logistik

Anggota Bawaslu Pontianak Dina Diana Andrini dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024, bertempat di Hotel Harris Pontianak, Rabu (13/12/2023).

PONTIANAK – Pengawasan logistik dalam Pemilu 2024, terutama terkait dengan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, memegang peran penting dalam memastikan kelancaran dan keadilan proses pemilihan. Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Pontianak Dina Diana Andrini dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024, bertempat di Hotel Harris Pontianak, Rabu (13/12/2023).

Regulasi yang diperlukan salah satunya adalah Perbawaslu Nomor 12 Tahun 2023 tentang pengawasan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam Pemilihan Umum.

“Poin utamanya tentang kelengkapan dan pendistribusian artinya, fokus pengawasan kita adalah di proses pengadaan awal yang tupoksinya pada Bawaslu Kota Pontianak”, tutur Dina.

Pada kesempatan ini Dina mengatakan pada saat ini surat suara yang telah tiba adalah untuk Caleg DPR RI, DPD dan DPRD. Untuk surat suara Pilpres baru dicetak pada tanggal 13 Desember ini dan akan didistibusikan ke Kota Pontianak awal Januari 2024.

“Artinya seluruh tahapan itu perlu kita perhatikan sesuai atau tidak dengan jadwal yang telah ditentukan”, ungkapnya.

Lebih lanjut Dina memaparkan proses percetakan sedang berlangsung untuk beberapa item dan pendistribusian sedang berjalan artinya tugas pengawasan ke depan akan disampaikan lagi seperti apa peran Panwaslu Kecamatan untuk mengawasi distribusi logistik ke tingkat kecamatan sampai TPS.

Menurutnya pengawas harus memastikan 5 hal yaitu, tepat jumlah dan jenis, (bentuk, ukuran dan spesifikasi), tepat kualitas, tepat waktu dan tepat tujuan.

“Lima komponen ini wajib dalam pengawasan logistik, jika ada salah satu yang kurang, maka bisa menjadi temuan dan harus dimasukkan ke dalam Form A Pengawasan”, tutup Dina.

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *