Penetapan dan Pengumuman Calon Terpilih Pengawas TPS

Pengumuman calon terpilih Pengawas TPS Tahun 2024 di Kota Pontianak

PONTIANAK – Bawaslu melalui Panwaslu Kecamatan melaksanakan pembentukan Pengawas TPS berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Proses proses pendaftaran dan penerimaan berkas serta penelitian kelengkapan berkas pendaftaran Pengawas TPS dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.768 orang dari keperluan 2.110 orang.

Proses pendaftaran Pengawas TPS ini berdasarkan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor: 28/HK.01/K1/01/2024 tentang Perubahan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 04/KP.01/K1/12/2023 Tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Penggantian Antar Waktu Pengawas Tempat Pemungutan Suara Dalam Pemilu 2024.

Selanjutnya calon Pengawas TPS yang dinyatakan lolos administrasi mengikuti wawancara sesuai dengan jadwal yang ditentukan Panwaslu Kecamatan.

Pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

Adapun kewenangan yang dimiliki Pengawas TPS yakni menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Kemudian menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara. Serta melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ada dua kewajiban yang wajib dilakukan Pengawas TPS yakni menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa serta menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa.

Calon Pengawas TPS yang dinyatakan lulus sebagai berikut:

  1. Hasil Akhir Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Pontianak Kota
  2. Hasil Akhir Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Pontianak Barat
  3. Hasil Akhir Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Pontianak Utara
  4. Hasil Akhir Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Pontianak Timur
  5. Hasil Akhir Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Pontianak Selatan
  6. Hasil Akhir Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Pontianak Tenggara

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *