Berita  

Humas Berperan Strategis Jaga Perwajahan Bawaslu  

PONTIANAK – Badan Pengawas Pemilu menggelar evaluasi dan pengelolaan kehumasan di Lingkungan Bawaslu, dengan melaksanakan Rapat Daring  Optimalisasi Peran dan Fungsi Kehumasan Bawaslu Tahun 2020, Senin (6/7/2020).

Rapat diikuti Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Koordinator Divisi Humas, Kepala Bagian Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat yang membidangi Humas, Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Koordinator Divisi Humas Se-Provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu diikuti juga Kepala Sub Bagian Humas Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat dan Staf Humas Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat dan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Antar Lembaga Bawaslu RI, Hengky Pramono mengatakan Humas merupakan salah satu kerja-kerja yang penting.

“Dimana kita bekerja pada ranah pencegahan ataupun bekerja pada ranah-ranah di depan kita yang mempunyai peran sangat strategis dan penting bagaimana kita bisa mampu untuk menjaga perwajahan Bawaslu,” ungkap Hengky.

Ia menjelaskan, Humas harus bisa menjadi peran seperti reception yang bisa memberikan informasi, memberikan data-data yang dibutuhkan awal.

“Sehingga tentunya untuk menunjang itu setiap harinya humas harus bisa meng-up-to-date informasi baik itu berita atau kegiatan yang kita lakukan atau hal- hal yang terkait kerja-kerja Bawaslu,” katanya

Selain itu, tentunya humas harus bisa mengarahkan atau berkoordinasi dengan divisi yang mengetahui secara persis data-data informasi yang dibutuhkan, humas bisa menjadi reception atau customer service dalam suatu lembaga.

Ia menegaskan, Humas juga harus bisa menjaga citra positif, dari kerja-kerja yang kita lakukan bisa terpublikasi dengan baik,  harus melaporkan setiap saat  setiap harinya up-to-date informasi, pemberitaan-pemberitaan kita sampaikan kepada masyarakat.

“Lewat sosial media atau laman resmi website kita atau sebagainya, ini juga harus bisa up-to-date karena humas bekerja didepan seluruh kerja-kerja divisi, artinya apapun yang dilakukan dengan maksimal,” jelasnya.

Ia menambahkan, tentunya dalam kerja-kerja kehumasan ini tidak juga lepas dari bagaimana kita bisa mendorong, meningkatkan kapasitas personil kehumasan.

“Disamping memang kerja kehumasan ini tidak lepas daripada perangkat SDM yang kita miliki tapi juga kita berharap bagaimanapun perangkat itu ada kita dorong dengan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM di Humas Bawaslu,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *