Bawaslu Pontianak Kerahkan Seluruh Personil Awasi Kampanye Sandi Uno

Bawaslu Kota Pontianak akan menurunkan semua personilnya untuk memantau dan mengawasi secara langsung pelaksanaan kampanye terbuka atau rapat umum, cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno di GOR Pangsuma Pontianak, Selasa (2/4/2019) besok.

Hal ini diungkapkan Komisioner Bawaslu Kota Pontianak Isfiansyah. Menurutnya, secara tekhnis Bawaslu sudah siap melakukan pengawasan pada kampanye terbuka itu.

Ia pun mengungkapkan sudah dapat tembusan STTP kampanye tersebut. Maka dari itu, Bawaslu Pontianak akan mengedepankan tindak pecegahan sehingga kampanye cawapres 02 berjalan aman dan lancar.

“Kita akan turunkan semua personil Bawaslu di kota Pontianak. Termasuk jajaran di tingkat kecamatan dan kelurahan. Karena ini kamoanye terbuka atau rapat umum dan dilaporkan melibatkan massa lebih dari empat ribuan orang,” katanya.

Selain itu, Bawaslu, lanjutnya, juga mengingatkan agar tim pemenangan dan pelaksana kampanye tidak melakukan pelanggaran. Misalnya melibatkan anak dibawah umur dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kita juga berharap dalam kampanye ini tidak ada anak-anak yeng terlibat dan juga ASN. Jangan terlibat dan melibatkan diri. Begitu juga fasilitas negara, kita tidak ingin ada pelanggaran,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Bawaslu, kata Isfiansyah mengingatkan agar kepala daerah yang menjadi tim pemenangan Prabowo-Sandi dan akan hadir pada kampanye terbuka itu, telah mengantongi izin cuti kampanye.

“Terkait sejumlah kepala daerah yang ingin hadir dalam kampanye terbuka, maka harus mengantongi izin cuti kampanye. Ini juga kita lakukan saat kampanye capres 01,” ujarnya.

Bawaslu juga meminta agar panitia pelaksana kampanye dan tim pemenangan memastikan tidak ada pembagian uang tunai kepada peserta kampanye. Karena bisa terjadi potensi pelanggaran pidana pemilu.

“Karena sesuai dengan SK KPU nomor 278, biaya minum, makan dan transportasi peserta kampanye paling banyak sama dengan, standar biaya daerah yg ditetapkan pemerintah daerah setempat dan tidak diberikan dalam bentuk uang kepada peserta kampanye,” tukasnya.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Bawaslu Pontianak Kerahkan Seluruh Personil Awasi Kampanye Sandi Uno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *